Sabtu, 14 Januari 2012

Faktor Penyebab Kanker

Apa Yang Menyebabkan Kanker?

Beberapa hari ini kami banyak berdiskusi dengan dokter dan pakar kesehatan mengenai kanker. Secara umum, penyebab kanker biasanya tidak dapat diketahui secara pasti karena penyebab kanker dapat merupakan gabungan dari sekumpulan faktor, genetik dan lingkungan. Namun ada beberapa faktor yang diduga meningkatkan resiko terjadinya kanker. Berapa faktor yang dominan akan dibahas dalam artikel ini :

Kanker Karena Faktor Keturunan

bebas kanker
bebas kanker
 
Faktor genetik menyebabkan beberapa keluarga memiliki resiko lebih tinggi untuk menderita kanker tertentu bila dibandingkan dengan keluarga lainnya. Jenis kanker yang cenderung diturunkan dalam keluarga adalah kanker payudara, kanker indung telur, kanker kulit dan kanker usus besar. Sebagai contoh, risiko wanita untuk menderita kanker meningkat 1,5 s/d 3 kali jika ibunya atau saudara perempuannya menderita kanker payudara. Adanya faktor genetik dalam pembentukan kanker ini terjadi karena salah penyebab kanker adalah mutasi DNA yang memang diturunkan dari orangtua kepada anaknya, akan tetapi tidak semua jenis kanker dapat diturunkan. hal tersebut dipengaruhi oleh letak mutasi pada DNA yang dialami dan juga genotipe dari mutasi yang terjadi.

Kanker Karena Faktor Lingkungan

  • Merokok dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker paru – paru, mulut, laring (pita suara), dan kandung kemih.
  • Sinar Ultraviolet dari matahari
  • Radiasi ionisasi (yang merupakan karsinogenik) digunakan dalam sinar rontgen dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga nuklir dan ledakan bom atom yang bisa menjangkau jarak yang sangat jauh.

Kanker Karena Faktor Makanan yang mengandung bahan kimia.

Makanan juga dapat menjadi faktor risiko penting lain penyebab kanker, terutama kanker pada saluran pencernaan. Jenis makanan yang dapat menyebabkan kanker adalah :
  • Makanan yang diasap dan diasamkan (dalam bentuk acar) meningkatkan resiko terjadinya kanker lambung
  • Minuman yang mengandung alkohol menyebabkan berisiko lebih tinggi terhadap kanker kerongkongan.
  • Zat pewarna makanan
  • Logam berat seperti merkuri yang sering terdapat pada makanan laut yang tercemar seperti: kerang, ikan, dsb.
  • Berbagai makanan (manis,tepung) yang diproses secara berlebihan.
  • Radikal bebas yang terkandung dalam makanan

Infeksi Virus dan Bakteri

  • Virus Papilloma menyebabkan kutil alat kelamin (genitalis) agaknya merupakan salah satu penyebab kanker leher rahim pada wanita.
  • Virus Sitomegalo menyebabkan Sarkoma Kaposi (kanker sistem pembuluh darah yang ditandai oleh lesi kulit berwarna merah)
  • Infeksi oleh Clonorchis yang menyebabkan kanker pankreas dan saluran empedu.
  • Helicobacter Pylori adalah suatu bakteri yang mungkin merupakan penyebab kanker lambung, dan diduga bakteri ini menyebabkan cedera dan peradangan lambung kronis sehingga terjadi peningkatan kecepatan siklus sel.

Faktor perilaku, kejiwaan, emosional

  • Perilaku yang dimaksud adalah merokok dan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak dan daging yang diawetkan juga peminum minuman beralkohol.
  • Perilaku seksual yaitu melakukan hubungan intim diusia dini dan sering berganti ganti pasangan.
  • Stres yang berat dapat menyebabkan ganggguan keseimbangan seluler tubuh. Keadaan tegang yang terus menerus dapat mempengaruhi sel, dimana sel jadi hiperaktif dan berubah sifat menjadi ganas sehingga menyebabkan kanker.

Pencegahan Kanker dengan Daun Sirsak

Penggunaan daun sirsak untuk menyembuhkan beberapa kanker telah banyak dibuktikan. Kami sendiri banyak menerima berita menggembirakan setelah mengkonsumsi daun sirsak. Silahkan simak di bagian testimoni.
Untuk pencegahan daun sirsak juga cukup baik, karena selain mengandung acetogenins, zat aktif dalam daun sirsak mampu meningkatkan daya tahan tubuh menjadi lebih baik. Anda dapat memanfaatkan daun sirsak ini dengan cara merebus langsung, ataupun mengkonsumsi kapsul daun sirsak. Semoga kita semua dikaruniai kesehatan dan kesabaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar