Sabtu, 14 Januari 2012

Obat tradisional asma


 


Obat tradisional asma – Asma adalah penyakit yang disebabkan karena gangguan pada alat pernafasan seperti tenggorokan bengkak atau berkerut sehingga pernafasan terganggu atau sesak, bahkan nafas kadang tersengal-sengal yang dapat mengakibatkan batuk. namun demikian bagaimana cara mengetahui kita mempunyai penyakit asma atau tidak? Jawabannya sebaiknya kita mengetahui gejala-gejalanya, bukan hanya pada penyakit asma saja namun lebih yang menyangkut kesehatan kita. Untuk gejala asma sendiri sebagai berikut, namun terkadang ada juga yang mengalami gejala hanya satu atau dua gejala yang ada.
  • Sering batuk di malam hari atau pagi hari, yah ini memang kayaknya gejala umum sebab ibu saya juga mengalami asma dan sering kali batuk di pagi dan malam hari. Terkadang juga di siang hari, apalagi jika si penderita menghirup udara kotor seperti debu, asap rokok, radikal bebas dan lain sebagainnya biasanya batuknya akan kambuh.
  • Mangalami sesak nafas atau dada sesak yang mengakibatkan susah untuk bernafas seperti ada sesuatu yang menghalangi pernafasan.
  • Ada juga yang mengalami gejala mengi atau keluar suara saat bernafas seperti suara melengkung.
  • Mudah teringah-ingah atau mendesah saat melakukan pekerjaan berat.
Dari semua gejala di atas jika anda mengalami gejala lebih dari dua sebaiknya anda waspada terhadap penyakit asma ini. Bagi anda yang sudah terkena penyakit ini, disini kami akan berikan beberapa pengobatan tradisional yang mungkin dapat anda lakukan dirumah dengan biaya yang tidak mahal. Bagi anda orang tua yang mempunyai anak sebaiknya hati-hati kepada anaknya sebab penyakit ini dapat menurun kepada anaknya. Untuk obat tradisionalnya sebagai berikut :

Obat tradisional asma

Pertama
Daun kecubung 3-5 lembar direbus selama 15 menit, saring lalu saat masih hangat diminum 3 x 1 sehari.

Kedua
Daun kecubung dan bunganya dikeringkan dan dirajang dibuat seperti klobot, kemudian dinyalakan seperti kita merokok, asapnya dihisap kuat-kuat berulang-ulang sampai sembuh.

Ketiga
Nginang (memakan daun sirih) bahannya dua lembar daun sirih segar sedikit gambir dan ditambah dengan kapur sirih. Lakukan pagi atau malam hari.

Keempat
Siapkan daun randu 15 helai, daun pegagan 2 genggam, air masak 150 cc dan gula batu secukupnya. Caranya tumbuk halus daun randu dan pegagan setelah sebelumnya dicuci bersih. Tambahkan air masak kemudian diperas dan disaring. Tunggu hingga mengendap setelah mengandap ambil air beningnya dan dicampur dengan gula batu secukupnya. Penggunaan minum satu resep ini untuk dua kali pagi dan sore sebelum makan. Namun bagi yang berstatus asmatikus (asma yang telah berat) pasien perlu oksigen dan perawatan khusus. Untuk itu perlu dirujuk dengan tindakan paramedis.

Obat tradisional asma pada anak

Batuk ini sangat menyiksa pada anak-anak, terutama pada malam hari.
 
Pengobatannya :
- Delapan atau sembilan lembar daun sirih
- Gula batu atau gula aren seperlunya
 
Caranya :
Rebuslah dengan dua gelas air sampai mendidih selama 15 menit. Dinginkan sampai hangat-hangat lalu diminum pagi dan sore hari kurang lebih satu minggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar